Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Tindak Lanjut Tracking Interaksi Pasien Positif Covid-19, Puskesmas Patebon II Lakukan Tracking Swab

JAMBEARUM.DESA.ID - Menyikapi adanya perangkat Desa Jambearum yang terkonfirmasi positif covid-19, Pemerintah Desa Jambearum dan Puskesmas Patebon II lakukan tes swab untuk melakukan tracing Covid-19 pada hari Rabu (04/11). Tes swab dilakukan di depan kantor PKD Jambearum.

Tes ini dilakukan dengan pengambilan cairan dahak (Sputum), yang mana hasil Sputum ini lebih akurat dibandingkan Rapid Test.

"Tujuannya untuk mendeteksi dini atau tracing Covid-19 di Jambearum. Dengan tes ini, Kita ingin mendeteksi dini penyebaran virus Corona, memutus rantai penularan, dan dengan dilakukannya tes swab kita bisa melakukan penanganan lebih cepat," ungkap Lukman Isnaeni, S.E selaku Kepala Desa Jambearum

Dengan tes swab, kita bisa lebih cepat mengetahui apakah orang tersebut bergejala atau tidak, jika bergejala, lebih cepat diketahui lebih baik sebab dapat dilakukan tindak lanjut untuk penyembuhan sehingga tidak menularkan ke orang lain.

Dwi Afrinda, Bidan Desa Jambearum mengatakan, dalam kegiatan tersebut, Gugus Tugas Covid-19 menurunkan tim medis dari Puskesmas Patebon II. Saat mengambil sampel, tim medis menggunakan APD lengkap untuk mencegah penularan.

"Setelah diambil, sampel akan kita kirim ke laboratorium, untuk menunggu hasil keluar," pungkasnya.

 

*Setelah dilakukan tes dan sampel dikirim ke laboratorium, hasil pengujian menunjukkan bahwa kepala desa dan perangkat desa dinyatakan negatif covid-19.

*


Di postkan pada 2020-11-09 09:22:14 | Artikel Dikunjungi : 419x