Detail Kegiatan Jambearum

Akselerasi Dunia Digital, Perangkat Desa di Patebon Ikuti Bimtek Jurnalistik

JAMBEARUM.DESA.ID – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan beradaptasi dalam era transformasi dunia digital, Camat Patebon menggelar bimbingan teknis (bimtek) Jurnalistik bagi operator Sistem Informasi Desa (SID) se-Kecamatan Patebon pada Jum'at-Sabtu, 18-19 November 2022 di Hotel Tara Yogyakarta.

Bimtek Jurnalistik dihadiri secara lengkap oleh perwakilan 18 desa di Kecamatan Patebon. Camat Patebon, Abdul Mufid mengungkapkan pentingnya  bimtek jurnalistik dan website desa untuk dapat memberikan informasi secara cepat, mudah, dan murah dengan tetap memperhatikan kualitas.

"Melalui website, desa dapat menyebarkan informasi potensi masing-masing desa seperti lokasi wisata, produk UMKM, dan jasa lainnya. Hal ini pula yang akan memberi efek pertumbuhan ekonomi bagi desa dan masyarakat," ungkapnya dalam sambutan pembukaan kegiatan.

Bimtek jurnalistik ini menghadirkan Sapawi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal yang juga wartawan di KompasTV. Ia menyampaikan mengenai teknik penulisan berita.

Adapun materi yang diberikan meliputi dasar-dasar membuat berita, rumus dalam mengolah berita agar menarik, mengesankan, dan dapat dimengerti khalayak ramai.

"Keberadaan website desa menjadi sarana penghubung antara pemerintah desa dengan masyarakat maupun stakeholder lainnya. Melalui penulisan berita yang baik dengan memenuhi kaidah jurnalistik yaitu 5W+1H akan membuat tulisan menjadi nyaman untuk dibaca. 5W merupakan singkatan dari What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (dimana). Sedangkan 1H adalah How (bagaimana)," tambahnya.

Ketua penyelenggara kegiatan yang juga menjabat sebagai Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kecamatan Patebon, Eko Purbosari Suryati mengatakan bahwa setelah bimtek jurnalistik pada hari Jum'at, akan dilanjutkan kunjungan ke Kalurahan Dlingo pada esok harinya (Sabtu).

"Kegiatan bimtek jurnalistik dan kunjungan kerja ke Kalurahan Dlingo sudah menjadi rancangan kami dari dulu, tapi baru dapat terealisasi pada tahun ini. Urgensi dari kegiatan ini untuk menambah wawasan dan berbagi pengalaman petugas SID (Sistem Informasi Desa). Hal ini juga untuk menambah semangat teman-teman di desa untuk memajukan website desa di Kecamatan Patebon dengan berkunjung di salah satu desa di Yogyakarta," pungkasnya.

 


Dipost : 2022-11-19 06:50:58 | Dilihat : 140