Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Desa Jambearum

JAMBEARUM.DESA.ID – Indonesia sangat kaya akan bahan baku untuk dijadikan produk makanan, salah satu potensi pasar yang saat ini digemari oleh pasar adalah produk pangan yang berasal dari daerah atau lokal. keberpihakan konsumen terhadap pangan lokal saat ini sudah mulai tumbuh seiring tumbuh kesadaran mereka tentang kesehatan dan keamanan. Kita ketahui bahwa pangan lokal memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sehat, rendah kolesterol serta aman dari bahan berbahaya.


Hari Selasa dan Rabu (17-18/9/2019), Pemerintah Desa Jambearum mengadakan kegiatan pelatihan pengolahan makanan dari hasil pertanian yang bertempat di aula Balai Desa Jambearum.


Dengan menghadirkan narasumber yaitu seorang pengusaha makanan, para peserta yang merupakan emak-emak milenial dari unsur PKK, Ibu rumah tangga diajarkan bagaimana mengolah dan membuat makanan seperti kue, minuman, selai dan lain sebagainya yang bahan-bahannya berasal dari hasil pertanian khususnya jagung.


Pelatihan pengolahan bahan pangan lokal dengan melakukan inovasi terhadap bahan pangan lokal agar mempunyai nilai guna lebih atau bernilai ekonomi. Pelatihan ini juga agar ibu-ibu mempunyai skill atau keahlian untuk dapat membuat usaha dengan memanfaatkan bahan baku lokal.


“Selama ini di Desa Jambearum belum ada produk unggulan yang bisa menjadi ikon dan makanan khas desa. Mudah-mudahan setelah ini, desa punya produk unggulan yang mampu bersaing dengan produk-produk yang lain dan warga bisa membuat inovasi-inovasi kreatif dalam mengembangkan pangan lokal,” ujar Atik S, Sekdes Jambearum.


Semoga ilmunya manfaat, berkah dan tercipta produk unggulan desa yang dapat menunjang tingkat perekonomian masyarakat Desa Jambearum.

 


Dipost : 2019-10-21 11:15:19 | Dilihat : 651