Jambearum - Hasil Evaluasi Pengelolaan Website Desa

Hasil Evaluasi Pengelolaan Website Desa

JAMBEARUM.DESA.ID –  Evaluasi bulanan Pengelolaan Website Desa dilakukan guna memberikan apresiasi dan mengukur kinerja dari pengelolaan website desa diberikan oleh Camat Patebon.

Surat No. 555/205/KEC. PATEBON tertanggal 4 April 2023 Perihal Hasil Evaluasi Pengelolaan Website Desa telah diterima oleh desa-desa di Kecamatan Patebon.

Surat evaluasi ini memberikan gambaran tentang website desa yang pada Bulan Maret 2023 ini terjadi perubahan peringkat yang didasarkan pada jumlah postingan di website masing-masing desa.

Untuk diketahui bahwa Sistem Informasi Desa (SID) adalah sistem olah data dan informasi berbasis komputer yang dapat dikelola oleh pemerintah dan komunitas desa. SID dirancang untuk mengelola data dasar desa dan informasi desa. Sistem Informasi Desa adalah bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Sistem Informasi Desa yang sekarang dikelola oleh Desa maupun kelurahan di Kabupaten Kendal melalui sebuah sistem yang dirancang oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kendal dengan nama DOKAR Kendal (Desa dan Kelurahan Online Terintegrasi Kabupaten Kendal). Dalam beberapa diskusi oleh pengelola website dengan Diskominfo maupun stake holder terkait pengembangan dari DOKAR terus dilakukan guna menunjang fitur-fitur yang dapat menjadikan desa sebagai Smart Desa Digital.

Menurut admin pengelolaan website desa perlu lebih ditunjang melalui:

1. Pemberian informasi baik melalui menu berita maupun kegiatan di website desa dengan narasi maupun deskripsi kalimat yang lengkap dan lebih menyeluruh agar tidak terkesan bahwa informasi website desa hanya berisi foto-foto dan narasi pendek.

2. Teknik pengeditan gambar maupun video editor agar memberikan penekanan bahwa informasi yang diberikan disertai media yang menarik.

Tentu hal ini membutuhkan waktu dengan memberikan pembinaan, bimbingan teknis maupun studi banding kepada pengelola website desa yang dilakukan oleh Kecamatan Patebon maupun Diskominfo Kendal. Dengan langkah-langkah progresif bukan tidak mungkin website desa akan menjadi sistem informasi desa yang lengkap dan memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan maupun informasi Desa yang ingin diketahui tanpa harus dilakukan secara tatap muka.

 


Dipost : 10 April 2023 | Dilihat : 456

Share :