Jambearum - Formulasi Profil Desa, Dispermasdes Kendal Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Profil Desa

Formulasi Profil Desa, Dispermasdes Kendal Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Profil Desa

JAMBEARUM.DESA.ID – Dalam rangka Penyusunan Profil Desa di Kabupaten Kendal, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Semarang (PPSDM-USM) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Profil Desa Kabupaten Kendal pada hari Minggu-Selasa (9-11/06/2024) di Hotel Dafam Semarang.

Bimtek ini dihadiri oleh 96 desa di Kabupaten Kendal yang terdiri dari desa-desa di Kecamatan Patebon, Weleri, Rowosari, Kangkung, Gemuh dan Cepiring. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal, Yanuar Fatoni menerangkan, bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pembekalan mengenai Pendataan Profil Desa dan Sistem Informasi Desa.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan panduan, pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta bimtek, penataan wilayah administrasi pemerintahan Desa serta meningkatkan kualitas pengelolaan profil desa dan kelurahan (Prodeskel) dan mewujudkan desa swasembada," ungkap Yanuar dalam sambutan pembukaan kegiatan.

Dalam bimtek yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini, peserta selain diberikan materi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel), Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel), juga akan diberikan pengetahuan mengenai website desa melalui DOKAR (Desa dan Kelurahan Online Kendal Terintegrasi) dari Diskominfo Kendal, Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan dari  Dispendukcapil Kab. Kendal, Penerapan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dari BPS Kendal, Pengawasan oleh APIP dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dari Inspektorat Kab. Kendal, Pendidikan anti Korupsi dari Kejaksaan Kabupaten Kendal, dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Semarang (PPSDM-USM).

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan launching SIKAP Desa (Sistem Informasi Kepegawaian Aparatur Pemerintah Desa) oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal.

Sesuai dengan surat undangan yang dikirimkan, Desa Jambearum mengirimkan Kepala Seksi Pemerintahan Desa untuk mengikuti kegiatan ini.


Dipost : 10 Juni 2024 | Dilihat : 21

Share :